ASIAN GAMES 2018: KEBANGGAAN NUSANTARA, ENERGY OF ASIA

Muhammad Afi Ramadhan - Universitas Syiah Kuala

“ Siapakah kita yang sesungguhnya?
dibalik kegagalan dan kesuksesan
kita adalah anak-anak semesta
sesuatu yang berpijar, yang tak terbendung bagaikan matahari
kita hidup untuk berbagi semangat untuk semua
ayo teruslah berkobar
karena kita adalah energi!”

Begitulah bunyi salah satu iklan televisi mengenai Asian Games 2018 yang semakin lama semakin gencar disiarkan di berbagai stasiun televisi di seluruh Indonesia. Menampilkan berbagai macam cabang olahraga yang akan dipertandingkan, didukung dengan audio visual yang menarik, menjadikan iklan tersebut sebagai ajang promosi yang sangat baik untuk meningkatkan awareness (kesadaran) masyarakat terhadap pelaksanaan ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade ini.

Gambar 1: Logo Asian Games 2018 (kompas.com)


Bukalah matamu... kuatkan hatimu...
berikan energi di dalam semangatmu...

Fakta menarik yang patut menjadi perhatian adalah jumlah atlet dan delegasi yang akan menghadiri ajang ini yang mencapai 15.000 orang, jumlah terbesar sepanjang 17 kali pelaksanaan ajang serupa sejauh ini. Maka dapat dibayangkan berapa keuntungan ekonomis yang akan kita dapatkan dari jumlah peserta yang sangat besar tersebut. Hal ini belum termasuk estimasi pendapatan usaha-usaha baru/musiman dan yang sudah lama berdiri sepanjang perhelatan bersejarah ini yang bisa mencetak rekor berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (belajar dari pengalaman SEA Games 2011 Jakarta-Palembang).

Sebuah kebanggaan yang perlu dicatat adalah, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Asian Games akan dilaksanakan dua kota berbeda, yaitu Jakarta dan Palembang, ditambah dengan beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung, seperti Lampung, Banten, dan Jawa Barat. Ini mematahkan anggapan bahwa sebuah event berskala internasional hanya menguntungkan kota-kota tertentu, dan membuktikan usaha pemerintah untuk mengembangkan pemerataan ekonomi dan olahraga di seluruh penjuru negeri.

... tegarlah berdiri... terbanglah kau tinggi...
inilah saatnya namamu bergema

Secara umum, even ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk mempromosikan potensi pariwisita sebagai negara dengan 16.000 pulau, dimana masing-masing daerah memiliki keunikan dan keragaman budaya yang sangat kaya. Hal ini menjadi sangat penting karena pandangan pertama sangat mempengaruhi penilaian seseorang terhadap suatu tempat yang dikunjunginya, termasuk bagi para atlet dan delegasi Asian Games 2018. Maka dari itu, semua pihak harus bekerja keras untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan pelayanan terbaik dan berkesan ketika sedang berjuang di perhelatan akbar ini.

Gambar 2: Maskot Resmi Asian Games 2018 (youtube.com)


... Berbeda bukan alasan untuk tak saling menopang,
tujuan, cita, dan harapan ...

Selain itu, Asian Games membawa negara-negara Asia bersama sebagai benua yang bersatu. Diakui oleh Komite Olimpiade Internasional sebagai acara multi-olahraga terbesar setelah Olimpiade, Asian Games memberi cahaya positif di wilayah ini melebihi masalah politik dan maritim saat ini. Bahkan, di tengah pembicaraan rekonsiliasi baru-baru ini antara Korea Utara dan Korea Selatan, kedua negara telah sepakat untuk berbaris di bawah bendera semenanjung bersatu dan membentuk tim gabungan untuk bersaing dalam permainan. Hal ini berhasil membuktikan promosi perdamaian dan keharmonisan kawasan ini, dan juga diakui oleh dunia (Mahadeo, 2018).

Kedua, menyelenggarakan Asian Games juga akan menandakan citra Indonesia yang positif dan memiliki reputasi baik di kawasan dan dunia. Dari gedung pencakar langit yang megah di Jakarta hingga Sungai Musi dan makanan Pempek yang unik di Palembang, Indonesia memiliki pemandangan yang memukau dan hidangan lezat untuk membuat para pengunjung terkesan.

... show the world, youre as bright as the sun
we deserve to be the one
and fight your fears, come on!

Ketiga, jika Asian Games 2018 berhasil dilaksanakan dengan sukses, acara ini akan meningkatkan industri pariwisata nasional dan menghasilkan manfaat ekonomi. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Indonesia siap menyambut 250.000 pendukung dari ASEAN dan negara-negara Asia lainnya, yang akan memungkinkan pengunjung dari negara-negara yang berpartisipasi untuk merangkul budaya Indonesia. Selain itu, para pengunjung ini mungkin merasa ingin mengunjungi pulau-pulau lain di nusantara. Meskipun pariwisata di Indonesia telah meningkat lebih dari dua kali lipat selama dekade terakhir untuk menjadi penggerak utama ekonomi, Asian Games dapat membantu mencapai tujuan pemerintah untuk meniru keberhasilan Bali sebagai tujuan wisata di sejumlah lokasi lain yang tersebar di seluruh Indonesia .

Kombinasi atlet, pejabat, pendukung dan penonton yang diharapkan hadir membawa harapan besar bagi perekonomian Indonesia. Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Nasional (Bappenas), memperkirakan penyelenggaraan Asian Games akan memfasilitasi arus kas sebesar Rp. 45,1 triliun untuk ekonomi Indonesia selain membawa investasi senilai Rp. 34 triliun dalam infrastruktur untuk penyelenggaraan acara tersebut (Ministry of Tourism Republic of Indonesia, 2018).

... dont waste your time
raise the energy you'll shine..

Menjelang pelaksanaan nya dalam 5 minggu kedepan, seluruh pemangku kepentingan terkait telah berusaha sekuat tenaga untuk mempromosikan ajang ini bukan hanya di wilayah Indonesia, namun di berbagai belahan dunia lain. Selain itu, saya harus mengapresiasi pemerintah atas kerja keras yang telah dilakukan sejauh ini. Salah satu contoh nyata yang sudah saya temukan adalah adanya jalur khusus untuk seluruh delegasi Asian Games 2018 di kedatangan internasional Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Perhelatan ini juga menjadi ajang yang tepat untuk mempromosikan berbagai cabang olahraga yang selama ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat, seperti rugby dan kabaddi. Sejalan dengan hal ini, perhelatan akbar ini juga bisa menjadikan stimulus bagi seluruh rakyat Indonesia untuk terus meningkatkan semangat berolahraga dan hidup sehat setiap harinya. Ditambah dengan fakta bahwa Indonesia memiliki 262 juta penduduk sebagai tuan rumah yang siap menularkan semangat energi juara!

38 hari menjelang pelaksanaan Asian Games 2018, saya hanya bisa berdoa dan berharap akan kesuksesan perhelatan akbar yang bakal dicatat oleh sejarah nasional, menyambut atlet dan delegasi dari 45 negara dari berbagai penjuru Asia.

Untuk menutup artikel ini, saya akan mengutip bagian terbaik dari lirik dari lagu Bright as The Sun, salah satu official song dari Asian Games 2018 yang menginspirasi saya untuk terus mendukung dan mensukseskan perhelatan ini.

... Tak ada yang bisa meretas anganmu
kita pasti sanggup untuk meraih mimpimu
kibarkan bendera bangsamu
terletak ditiang tertinggi
jadikan jiwa mudamu
mengukir sejarah...

Pada akhirnya, dengan sangat bangga saya mengatakan aku bangga Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018!

Satukan energi Indonesia juara!

dukungbersama.id
indonesiabaik.id
#dukungbersama #asiangames2018

REFERENSI

Mahadeo, T. (2018, Juni 28). 2018 Asian Games: Time for Indonesia to shine - News - The Jakarta Post. Diambil kembali dari laman web The Jakarta Post: http://www.thejakartapost.com/travel/2018/06/28/2018-asian-games-time-for-indonesia-to-shine.html

Ministry of Tourism Republic of Indonesia. (2018, Juli 10). Indonesia set to host 18th ASIAN GAMES 2018 in JAKARTA and PALEMBANG. Diambil kembali dari Ministry of Tourism, Republic of Indonesia: http://www.indonesia.travel/sg/en/news/indonesia-set-to-host-18th-asian-games-2018-in-jakarta-and-palembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARUSSALAM: SEJARAH DAN REFLEKSI MENUJU KEMAJUAN BANGSA

MASTER'S STUDY PREPARATION KIT!

STEP Youth Regional Affairs Dialogue 2019 #throwback